Pengertian
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah
kelompok yang diorganisasi kearah pencapaian tujuan
Tipe-Tipe Kepemimpinan
1.Tipe OtokratisCiri-cirinya antara lain:a. Mengandalkan kepada
kekuatan / kekuasaanb.Menganggapdirinya paling berkuasac. Kerasdalam
mempertahankan prinsipd. Jauhdari para bawahane. Perintahdiberikan secara paksa
2.Tipe Laissez Faire Ciri-ciri antara lain :a. Memberikebebasan
kepada para bawahanb. Pimpinan tidak terlibat dalam kegiatanc. Semua pekerjaan
dan tanggung jawab dilimpahkan kepada bawahand. Tidakmempunyai wibawae.
Tidakada koordinasi dan pengawasan yang baik
3. Tipe Paternalistik Ciri-ciri antara lain :a. Pemimpin bertindak
sebagai bapakb. Memperlakukan bawahan sebagai orang yang belum dewasac. Selalu
memberikan perlindungand. Keputusanada ditangan pemimpin.
4. Tipe Militerlistik Ciri-ciri antara lain :a. Dalam komunikasi
menggunakan saluran formalb. Menggunakan sistem komando/ perintahc. Segala sesuatu bersifat formald.
Disiplin yang tinggi, kadang bersifat kaku
5. Tipe Demokratis Ciri-ciri antara lain :a. Berpartisipasi aktif
dalam kegiatan organisasib. Bersifat terbukac. Bawahan diberi kesempatan untuk
memberi saran dan ide-idebarud. Dalampengambilan keputusan utamakan musyawarah
untuk mufakate. Menghargai potensi individu
6.Tipe Open Leadership Tipeini hampir sama dengan tipe demokratis.
Perbedaannya terletak dalam hal pengambilan keputusan. Dalam tipe ini keputusan
ada ditangan pemimpin.
Teori Kepemimpinan
1.Teori Kelebihan
2.Teori Sifat
3.Teori Keturunan
4.Teori Kharismatis
5.Teori Bakat
6.Teori Sosial.
Rangkuman
Kepemimpinan yang efektif harus memberikan pengarahan terhadap
usaha-usaha semua pekerja dalam mencapai tujuan tujuan organisasi. Tanpa
kepemimpinan atau bimbingan, hubungan antara tujuan perseorangan dan tujuan
organisasi mungkin terjadi renggang (lemah) keadaan ini menimbulkan situasi
dimana perseorangan berkerja untuk mencapai tujuan pribadinya, sementara itu
keseluruhan organisasi menjadi tidak efisien dalam mencapa sasaran-sasarannya.
No comments:
Post a Comment