CAPOEIRA, TRAVELLING, STUDY AND LOVE

My LIfe My Adventure

Monday, February 9, 2015

MALICIA




Malicia yg disebut oleh para capoeirista (praktisi capoeira), merujuk pada sebuah karakter yg tak bisa dihilangkan dlm beladiri tsb. Dalam capoeira, malicia berarti campuran dari kelihaian, kecerdasan dan kehati-hatian.

Malicia memiliki 2 aspek dasar. Aspek yg pertama adalah mengetahui emosi dan karakter seperti agresivitas, rasa takut, keangkuhan dll yg ada dlm diri pemain capoeira lain, sehingga bisa mengantisipasi gerakannya, apakah di dlm arena pertandingan atau dlm kehidupan sehari-hari.

Pemain yg malicioso mampu menghindari tendangan lawan dan bersiap untuk menyerang balik sebelum dia menyelesaikan serangannya. Dalam kehidupan sehari-hari, dia harus mampu mengenali manusia sebenarnya yg bersembunyi dibalik topeng sosial.


Aspek lain dari malicia termasuk menerima atau menipu lawan agar berpikir bahwa kita akan melakukan gerakan tertentu ketika sebenarnya kita akan melakukan gerakan lain yg berbeda dan tdk diduga. Perkembangan malicia tdk pernah berakhir dan terstimulasi ketika berada dlm permainan, dgn memperhatikan orang lain ketika mempraktekkan capoeira dan dgn mengamati hal2 sehari-hari di sekeliling kita.

Capoeira bukan hanya bela diri atau gerakan tari. Bagi capoeiristas, capoeira adalah jalan hidup. Sering dikatakan bahwa apa yg ada dlm arena pertandingan mencerminkan hidup di luar arena.

Semoga bisa dipahami oleh kita semua mengenai kesederhanaan dan sekaligus kerumitan yg dimiliki oleh capoeira dimana kita dituntut untuk terus berusaha dan belajar mengenai diri kita sendiri dan mengerti mengenai orang lain di sekitar kita.



" Badai datang bukan untuk menghancurkan segalanya tapi untuk menyisakan yg terkuat "

Apakah kita termasuk yg terkuat? Silahkan jawab sendiri dan buktikan sendiri bagaimana rasanya menjadi capoeirista.


Muito obrigado
May GOD bless our journey

@(*0*)@
COALINHA

No comments:

Post a Comment

Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran
Snorklling

Capoeira Brasil Indonesia

Capoeira Brasil Indonesia

Gabung Aja Di Kiri

Gabung Aja Di Kiri

Roda

Roda

Maculele Performance

Maculele Performance