CAPOEIRA, TRAVELLING, STUDY AND LOVE

My LIfe My Adventure

Monday, February 9, 2015

About Capoeira





CAPOEIRA adalah beladiri asli Brasil,diciptakan oleh para budak Afrika selama masa kolonialisasi Portugis dengan tujuan untuk bertarung secara fisik dan tekanan budaya yang mereka hadapi.

CAPOEIRA adalah seni yang didalamnya banyak mengandung berbagai aspek , capoeira adalah pertarungan, musik, tari dan ritual. Bahkan lebih dari itu, capoeira adalah filosofi hidup.

CAPOEIRA adalah alat dari transformasi
CAPOEIRA adalah pengembangan diri
CAPOEIRA adalah penemuan diri

CAPOEIRA adalah tentang kesatuan dari tubuh dan gerakan yang diserasikan dengan pikiran dan jiwa.

CAPOEIRA is about being smarter, having more charisma, being able to work with more difficult. (

Coalinha)


Capoeira itu bisa dibilang adalah sebuah permainan yang dilakukan oleh sekumpulan orang yang membentuk sebuah lingkaran (roda) yang di pimpin oleh bahteria (pemain alat music). pada umumnya dalam suatu roda ada tiga jenis alat musik yang di pakai dan di main kan yaitu :

1) Berimbau
    Berimbau ini sekilas terlihat seperti joran pancing. berimbau ini terdiri dari sebuah batang kayu utama (Verga),  senar dari kawat (Verga), labu botol kering yang di lubangi (Cabaca), kayu kecil panjang seperti sumpit (Baqueta), batu kecil (Dobrao) dan yang terakhir seperti kerincingan yang berisikan biji (Caxixi). berimbau ini bila dimainkan akan mengeluarkan suara yang khusus, kerena dalam alat musik berimbau ini juga di bagi menjadi 3 yaitu Gungga, Medio dan Viola.


2) Atabaque
    Alat musik capoeira satu ini terlihat seperti gendang bagi yang awam, jimbe atau Conga. walaupun memainkannya sama-sama di tabuh, Atabaque ini tentu saja punya suara yang khusus dan juga bentuk yang sedikit berbeda dari yang lain sejenisnya tadi.

3) Pandeiro
     Alat musik ini bagi orang awam akan terlihat seperti alat musik Marawis. Walaupun pada akhirnya sama-sama dimainkan dengan cara di "tepuk" namun pandeiro ini memiliki suara yang khusus dengan di kelilinggi kerincingan pada sisinya.


Nah, jadi dengan ketiga alat musik inilah biasanya permainan capooeira dimainkan dan di tambah dengan suara yang keluar dari tepukan tangan (Bater palma). sebenarnya masih ada alat musik lain namun itu menjadi alat musik tambahan yang bisa di pakai bisa juga tidak. dari lantunan suara khas inilah jogador (pemain) memulai permainan capoeira ini dengan gerakan-gerakan khasnya.

Semoga bisa membantu kita semua untuk memahami capoeira secara lebih dalam, ini hanyalah sebagian kecil dari permainan Capoeira sebenarnya. pada tulisan berikut nya saya akan coba kupas lebih mendalam. see you on the next story.

Muito Obrigado

No comments:

Post a Comment

Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran
Snorklling

Capoeira Brasil Indonesia

Capoeira Brasil Indonesia

Gabung Aja Di Kiri

Gabung Aja Di Kiri

Roda

Roda

Maculele Performance

Maculele Performance