CAPOEIRA, TRAVELLING, STUDY AND LOVE

My LIfe My Adventure

Tuesday, February 17, 2015

Capoeira Value





































Ada 3 hal yang sangat crusial  di dalam capoeira, yaitu
1. Respect
2. Rhytm
3. Ritual

1. Respect
Respect di dalam capoeira artinya sangat luas, respect terhadap diri sendiri, lawan main, musik, dan semua aspek yg ada di capoeira. Respect berarti menghargai apa yg sudah menjadi aturan ato batasan dimana yg menjadi masalah adalah bukan boleh ato g boleh, tp lebih pada pantas ato tidak pantas, contohnya : jgn pernah memotong mestre yang sedang bermain, jgn mencuri lagu, artinya ketika si penyanyi sedanfg menyanyi kemudian dia berhenti sebentar untuk bernafas ato mw memulai lagu baru, kita jgn tiba2 nyanyi, akan lebih pantas untuk kita nungu dia meminta ato mwmpwrsilahkan orang lain untuk ganti bernyanyi. Kemudian respect terhadap musik, kita harus clapping dan menjawab nyanyian sebagai bentuk rasa hormat kita terhadap musik. Kemudian kita sebagai jogador harus respect ketika kita menunggu giliran untuk bermain ketika pe do berimbau ato berjongkok di depan berimbau, terkecuali bagi level graduados ke atas, mereka boleh memotong permainan kapan saja dia mw, itu bukan berarti g respect melainkan hak istimewa ug diberikan oleh Mestre bagi level tertentu.

2. Rhytm
Setiap kali roda dilaksanakan, semua harus diawali dengan cara yg baik, berimbau gunga simainkan pertama kemudian mwnyusul medio, viola, pandeiro dan atabaque, kemudian lead vocal yg biasanya menjadi master of roda mulai bernyanyi dan kemudian diiringi dgn clapping bagi semua orang yg ada di roda. Ketika kita mw mimpin nyanyi sebaiknya ketika kita memegang salah satu alat musik kalopun g megang setidaknya dia ada si posisi yg dekat dgn bateria "band capoeira". Master of roda yg akan bertanggung jawab terhadap integrasi roda, dia bertugas untuk menjaga semua aspek yg ada si roda seperti keluar masuknya jogador "pemain", kemudian menjaga bateria jgn sampe musik g bagus, misalkan atabaque dipukul dgn voume yg terlalu tinggi sampe menutupi suara berimbau. Ketika lead vocal bernyanyi jgn sampe menghilangkan axé uma, artinya dia harua taubgmn caranya menjaga axé supaya tetap bagus dgn cara menyanyikan lau yg bisa meningkatkan axé na.

3. Ritual
Ritual yg dimaksud di capoeira bukanlah ritual yg sifatnya tahayul, pake kemwnyan ato jampi2 dll. Ritual d capoeira yaoti dlm artian melakukan kegiatan dmb kita melekukan seauatu untuk menangkap energy positif "Axé" yg kita perlukan dlm roda, seperti yh dibawah ini :

  1. Formasi roda
       Roda harus dimulai dgn bentuk yg lingkaran sempurna baik besarnya, formasi baterianya yg di kita gcb Mestre Itaborá Ferreira, atabaque ada si aebelah kanan dan gunga disamping kirinya dan pandeiro ada si ujung kiri.

  2. No pe do berimbau
      Berjongkok dibawah berimbau, jgn duduk ato berlutut dan berdiri di depan berimbau. Salaman dengan lawan main, eye to eye contact, saling kenalan dan sabar menunggu giliran maen.

 3. Compra jogo " buy the game "
      Ketika mw meng compra, harus dg cara yg baik dan sopan, potong pemain yg sudah leboh lama ada di dlm permainan kecuali dlm kondisi tertentu misalkan ulang tahun, jogador yg baru wisuda ato event2 yg pantas untuk dirayakan.

 4. Volta au mundo
      Berkeliling berputar berlawanan arah jarum jam, dgn ditandai menepuk tangan di belakang badan, tapi jgn melakukan volta au mundo sama org yg jauh lebih tinggi dari kita, semisal profesor sampe mestre dan grande mestre.

 5. Saida "exit"
      Setelah selesai bermain, kita harus jabat tangan dan mundur ke tempat yg terdekat dan jgn pernah membelakangi lawan main krn bisa saja kita ditendang ato dipukul.

Axé sempre
Juntos somos fortes
Capoeira para todos
Luta como a dança, a dança como uma luta
manter o axé

Coalinha

No comments:

Post a Comment

Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran
Snorklling

Capoeira Brasil Indonesia

Capoeira Brasil Indonesia

Gabung Aja Di Kiri

Gabung Aja Di Kiri

Roda

Roda

Maculele Performance

Maculele Performance