CAPOEIRA, TRAVELLING, STUDY AND LOVE

My LIfe My Adventure

Sunday, February 8, 2015

Maculele Dance


Tarian Maculele atau Tarian Perang adalah tarian yang berasal dari Brasil. Dimana para Jogador (pemain) berkumpul dalam suatu bentuk lingkaran (roda). setiap jogador baik individu maupun berpasangan memegang sepasang tongkat di tangan kanan dan kiri. Secara tradisional terbuat dari kayu biriba dari Brasil. Tongkat disebut Grimas, tradisional ukuran panjang 50 cm dengan tebal 1 dan 1/8 inch. Tongkat ini akan saling berbenturan antar tongkat sendiri dan kepada pasangannya, juga berbentur ke tanah. Benturan tongkat ini akan menghasilkan sebuah suara yang serasi dan dinamis sesuai dengan rentak kaki para jogador. Seringkali jogador terlihat dengan coretan-coretan pada tubuh para jogador yang membentuk pola tertentu.



Biasanya tarian maculele ini juga di lakukan dengan di iringi Bahteria ( pemain alat musik ) yang menjadi pusat jogo ( permainan). pada masa dahulu di benua afrika maculele ini sering di mainkan orang-orang bukan dengan kayu tapi dengan sebuah senjata tajam seperti Parang/golok. Tarian ini akan terlihat dua jogador yang bermain dengan kedua Golok yang saling bergesekan yang mengeluarkan percikan api dan suara nyaring yang mengilukan.

Maculele ini adalah bagian dari capoeira juga, karena dalam capoeira kita tidak hanya mempelajari bela diri saja namun juga mempelajari seni budaya juga seperti Coco Dance, Samba Dance dan Maculele dance. ketiga tarian ini sangat melekat dalam dunia capoeira dan tidak bisa dilepaskan. dialain kesempatan saya akan coba membahas tentang tarian lainya. see you on the next story.









1 comment:

Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran
Snorklling

Capoeira Brasil Indonesia

Capoeira Brasil Indonesia

Gabung Aja Di Kiri

Gabung Aja Di Kiri

Roda

Roda

Maculele Performance

Maculele Performance