CAPOEIRA, TRAVELLING, STUDY AND LOVE

My LIfe My Adventure

Thursday, July 26, 2012

Kebebasan Dalam Bingkai MARXISME

   Pada Tahun 1776 adam smith menerbitkan sebuah buku “an Inquiry Into The Nation and The Causes of The Wealth of Nation”. Para ilmuwan tahun tersebut dianggap sebagai kelahiran kapitalisme dan liberalisme. 

   Adam Smith berpendapat bahwa kegiatan mengejar keuntungan sebesar-besarnya, mengumpulkan kekayaan semaksimal mungkin, semua kegiatan persaingan sebebasnya ini membentuk sebuah mekanisme pasar sendiri yang seimbang tanpa campur tangan negara (pemerintah). Kapitalisme tidak peduli adanya ketidakadilan dan kemiskinan, kareana karakter pada dasarnya adalah Survival of The Fittest, yang kuatlah yang berhak hidup. Exploitation de’lemo par’lome, penghisapan manusia oleh manusia lain adalah wajar dan dibenarkan. Sebelum 1776 sebenarnya praktek ini telah berlangsung, tapi Adam smith memberikan pembenaran secara teori dan pemikiran ilmiah. Dalam dunia nyata praktek ini terjadi dengan kejam, tindakan monopoli, pemiskinan dan penghisapan pada yang kalah dengan tanpa batas. 72 tahun stetelah buku Adam Smith, muncul Manisfesto of The Communist Party Party , 21 februari 1848 oleh Karl Mark yang disebut sebagai bapak sosialisme sains. 


         Marx membongkar dan menelanjangi kejahatan dan keburukan Kapitalisme secara tajam. Menurut Marx Kapitalisme pada akhirnya akan menghancurkan dirinya sendiri, karena proses Exploatation de’lome par’lome tidak akan menyisakan lagi kemampuan manusia lain yang akan kalah dalam persaingan bebas ekonomi tersebut, semua akan dihisap sampai habis. Pada saat itulah terjadi break down (keruntuhan total) dari kapitalisme demikian menurut Karl Marx. Marxisme umumnya dinyatakan sebagai dasar dari sosialisme jauh lebih tua dan lebih luas dari marxisme. Tapi marxisme menyumbang pemikiran sains tentang sosialisme. Marxisme tidak mampu memprediksi ketika Kekuatan Demokrasi Bangkit dan menggerakan kekuatan sosial politik yang ada untuk melawan segala macam bentuk ketidakadilan termasuk ketidakadilan yang terjadi pada praktek kapitalisme. Kemajuan Teknologi dan Perkembangan Kapitalisme yang dipaksa menyesuaikan diri ini tidak muncul dalam prediksi Mark, monopoli senagai kekuatan utama kapitalisme mampu dipangkas oleh perkembangan demokrasi. Proses penghisapanpun bisa berkurang dengan drastis dan pemiskinan terhadap terhadap kaum buruh di negeri yang demokrasinya maju gagal terjadi. Kebebasan adalah salah satu dari ideologi sosialisme kerakyatan dan cerminan dari hak asasi manusia. Secara umum kebebasan adalah hak manusia untuk bebas memilih dan beraktivitas serta berekpresi tanpa ada diskriminasi. 

        Kebebasan melekat pada diri manusia sejak mereka lahir sebagai bentuk karunia yang wajib dihormati, dilindungi, dan dijunjung tinggi oleh negara, dan setiap orang demi kehormatan harkat dan martabat manusia. Kebebasan yang diperjuangkan meliputi kebebasan dalam hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Kebebasan dalam perjuangan hak sipil dan politik Hak sipil merupakan kebebasan untuk dapat hidup, kebebasan untuk memeluk agama dan kpercayaan. Hak politik artinya kebebasan berekspresi berserikat dan berkumpul, setiap orang berhak atas kebebasan untuk berserikat, ikut serta dalam pemerintahan, kebebasan memilih dan dipilih dalam pemilu, kebebasan untuk menyatakan pendapat danl lain-lain. Kebebasan dalam perjuangan hak ekonomi, sosial, dan budaya.Kebebasan untuk mendapat pekerjaan dan standar kehidupan yang layak serta bebas untuk mengakses pandidikan, pelayanan kesehatan, perumahan dan juga semua orang diberi kebebasan untuk menjalankan budaya dan mendapatkan manfaat ilmu pengetahuan. Pada dasarnya sosialisme kerakyatan memperjuangkan kebebasan seseorang untuk dapat dipenuhi, dihormati, dan dilindungi hak asasi manusia-nya seperti yang dinyatakan bung sjahrir. “Bahwa sosialisme adalah suatu cara memperjuangkan kemerdekaan dan kedewasaan manusia, yaitu bebas dari penindasan dan penghisapan serta penghinaan oleh manusia terhadap manusia.” (Sutan Sjahrir, Suara Sosialis Agustus 1956). 

       Pada dasarnya ada persamaan antara sosialisme kerakyatan dan sosilaisme demokrat yang banyak berkembang di Eropa Barat. Yang membuat perbedaan adalah kondisi dan situasi yang berbeda pada tanah pertumbuhanya. Sosdem (Sosial demokrat) muncul dari proses ketidakadilan yang ditimbulkan oleh praktek-praktek kapitalisme, sedangkan sosialisme kerayatan yang dicetus oleh Sutan sjahrir tumbuh dari proses ketidakadilan kolonialisme dan feodalisme. Sosdem berproses dalam negara yang modern dan berdemokrasi, sementara saudaranya sosialisme kerakyatan berproses dalam negara yang baru lahir dan belajar demokrasi. Prinsip sosilisme kerakyatan sjahrir adalah keadilan, kebebasan, kemanusiaan, demokrasi, kesetaraan dan solidaritas. Perjuanganya adalah mengangkat martabat orang kecil Keburukan Kapitalisme yang dibongkar marx bisa kita lihat di indonesia. 

      Kapitalisme dibawa ke indonesia pada zaman orde baru, di mana terjadikalusi antara panguasa dan pengusaha. Kalusi ini membuat terlaksananya monopoli yang mempercepat dan memperkuat pertumbuhan modal. Pengusaha - pengusaha tersebut adalah kaum keluaraga dan sahabat dari pengusaha. Yang jumlahnya sangat kecil dan sebagian besar gagal karena kompetisi yang tidak fair. Selain itu kekuatan militer juga digunakan untuk melindungikaum kapitalis indonesia tersebut, dilihat dari cara kerjanya kaum kapitalis indonesia ini mirip dengan para mafia yang bukan main besar dan kekuasaannya luar biasa, karena yang dikuasai mafia ini adalah seluruh legislatif, seluruh kekuatan militer (termasuk POLRI), perbankan dan semua sendi pemerintahan. Kekuatan mafia ini selain mengatur, memaksa dan memanipulasi dari Bank sentral sampai bank-bank swasta. Puluhan bank swasta didirikan untuk menjamin terlaksananya operasi ini. Dapat dibayangkan kekuasaan kapitalis indonesia betapa besar dan kuatnya mencengkeram pokok-pokok sendi kehidupan masyarakat indoesia. Dengan sendirinya kekuasaan orde baru mengusai sangat mendalam pada kehidupan ekonomi dan politik masayarakat indonesia. Semua usaha dan kegiatan berpusat pada kekuasaan orde baru. Dengan tujuan memperbesar dan memperkuat kekuasaan orde baru. 

        Kita saksikan bahwa pemusatan kekuatan modal kaum kapitalis indonesia bersifat rapuh. Karena mereka tidak membuat kekuatan ekonomi di masyarakat maka tidak terjadi peningkatan produktivitas masyarakat, Cuma inflasi yangmengakibatkan peningkatan harga. Ini dibayar dengan ambruknya fundamental ekonomi yang dibangun oleh orde baru dengan kapitalis indonesia. Akibatnya runtuhlah Soeharto pada tahun 1998. Kejahatan orde baru mafianya inilah mengakibatkan hancurnya bangsa ini. Karena akar dari mafia tersebut sudah tertanam sangat dalam dan sudah manguasai hajat hidup orang banyak.

Buletin Sikap

No comments:

Post a Comment

Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran
Snorklling

Capoeira Brasil Indonesia

Capoeira Brasil Indonesia

Gabung Aja Di Kiri

Gabung Aja Di Kiri

Roda

Roda

Maculele Performance

Maculele Performance