CAPOEIRA, TRAVELLING, STUDY AND LOVE

My LIfe My Adventure

Thursday, February 7, 2013

Fenomena Lunturnya Budaya Malu Dikalangan Para Koruptor di indonesia


      
Oleh
Tengku Mahesa Khalid

            Korupsi menjadi masalah yang paling serius yang harus dihadapi oleh banyak negara di dunia, terutama menyangkut kepentingan politik dan ekonomi. Korupsi menjadi indikator atas tata kelola yang tidak sehat dan berkembang menjadi isu penting dalam lingkungan politik dan ekonomi global.


   Tidak sedkit para pejabat pemerintah dan elite politik yang sering ditetapkan sebagai terpidana koruptor. Budaya malu yang luntur membuat para koruptor dengan leluasa melancarkan aksinya tanpa pikir panjang.dalam hal ini “malu” berarti malu terhadap segala tindak laku salah yang dilakukan seseorang.   
        Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai karakter penduduk yang ramah tamah, bahkan dunia pun mengakui hal itu. Jelas sekali jika Indonesia menganut budaya ketimuran yang didalamnya juga ada Budaya Malu. Fenomena Lunturnya budaya malu dikalangan koruptor kerap terjadi di indonesia. Dari pejabat tinggi sampai pegawai rendahan. Bila sedikit melihat negeri jepang, dalam hal budaya malu patut perhatikan. Ketika seorang pejabat di jepang mengundurkan diri karena malu akan perbuatannya. Penyebabnya selalu sama karena merasa gagal atau tidak mampu, atau pun kesandung kasus-kasus yang dianggap memalukan. Melihat indonesia masyarakat indonesia saat ini yang sering terlibat dalam korupsi lebih memilih pemecatan daripada pengunduran diri. Faktanya para pejabat yang terlibat korupsi saja di indonesia ini masih bisa tersenyum lebar di media dengan tenang tanpa rasa malu akan perbuatannya.ini menjadi jelas sudah lunturnya budaya ketimuran “Malu” yang seharusnya membuat kita beribawa dimata dunia. 

     Para pejabat Lunturnya budaya malu dikalangan koruptor menetapkan kesimpulan bahwa tidak sedikit masyarakat indonesia yang sudah mengabaikan budaya ketimuran kita, budaya yang membuat kita ramah dan berwibawa di mata dunia. Demi kepentingan individu dan kelompok belaka masyarakat indonesia yang rapuh dengan mudah menelantarkan budaya malu itu tanpa rasa malu.

No comments:

Post a Comment

Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran
Snorklling

Capoeira Brasil Indonesia

Capoeira Brasil Indonesia

Gabung Aja Di Kiri

Gabung Aja Di Kiri

Roda

Roda

Maculele Performance

Maculele Performance