CAPOEIRA, TRAVELLING, STUDY AND LOVE

My LIfe My Adventure

Thursday, August 25, 2011

HIMAJAN Observasi Pendidikan Lapangan (OPEL) 2011



Sebagai mahasiswa administrasi negara yang berkosentrasi kapada kebijakan publik dan nantinya akan berhadapan dengan masyarakkat, harus mengetahuin dan memahami sejak dini problema dalam birokrasi  yang terjadi di masyarakat khususnya masyarakat desa. Untuk itu perlu suatu pengamatan atau observasi pendidikan dan pelatihan lapangan sebagai analisis sosial agar membantu pemahaman mahasiswa administrasi negara dengan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pelatihan dan pengabdian masyarakat.

Demi merealisasikan TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI di lingkungan mahasiswa jurusan administrasi negara, untuk itu himajan fisip unas mengadakan sebuah kegiatan observasi pendidikan lapangan ( opel ) yang bertemakan “ BERSAMA HIMAJAN MEMBANGUN DESA”.

Pada Tanggal 24-27 maret 2011 mahasiswa Ilmu Administrasi negara yang tergabung dalam HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA (HIMAJAN) UNAS Melaksanakan Kegiatan OPEL tersebut. Disini para peserta opel dituntut untuk dapat merasakan seperti apa kehidupan masyarakat dipedesaan, tepatnya di Kampung Leuwisapi, Desa Lemah Duhur, Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Para peserta yang berjumlah 28 oarang di bagi dalam kelompok yang satu kelompoknya terdiri dari 2 orang Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara UNAS. Dua orang tersebut di tempatkan di dalam 1 rumah warga Kampung Leuwisapi. Jadi Dengan 28 peserta tersebut akan menempati 14 rumah warga kampung tersebut.

Adapun Kegiatan Para Peserta di kampung leuwisapi tersebut, diantaranya yaitu ;
1.     Peserta OPEL tersebut Mengikuti semua kegiatan keluarga di rumah yang mereka tempati tersebut, layaknya mereka adalah bagian dari keluarga tersebut, baik kegiatan diluar maupun di dalam rumah. Peserta juga membantu orang tua angkatnya menjaga warung yang sebagai pendapatan penghasilan sehari-hari mereka.

2.    Para peserta tersebut juga mengikuti dan mengerjakan dari Memanen Matapencaharian sehari-hari warga tersebut berupa Sayur sayuran seperti KOL, BUNCIS, TOMAT, dan juga menanam DAUN BAWANG yang Lokasinya cukup jauh di atas Perbukitan kaki gunung Pangarango.

3.    Para Peserta bahkan juga ikut Bercocok tanam di sawah bersama orang tua angkat mereka dan membersihkan rerumputan di sawah.

4.    peserta ada juga yang ikut mengerjakan dan membantu orang tua angkatnya yang matapencahrian sebagai pencari pasir di kali.

5.    Bahkan Ada juga peserta yang ikut pekejaan sehari-hari orang tua angkatnya yang kerjanya mencari Kayu, dan rumput di hutan yang cukup jauh di dalam perbukitan untuk makanan ternak kambingnya.

6.    Para peserta dan masyarakat setempat juga bersama-sama merenovasi  MADRASAH dan MASJID. memperbaiki bangku ,meja madrasah serta fasilitas sederhana madrasah seperti poster-poster pendidikan sampai saluran air bersih dan sajdah untuk mesjid Dan di akhir kegiatan untuk lebih mempererat silaturahmi dengan masyarakat setempat, kita mengadakan PEMUTARAN FILM ANAK yang bertema Pendidikan. disini para perserta bersama masyarakat setempat, baik anak-anak maupun orang dewasa bersama-sama menyaksikan pemutaran film tersebut.

Namun kegitan-kegiatan yang diikuti para peserta tersebut Pastinya juga tidak lepas dari materi-materi pendidikan yang disampaikan oleh beberapa narasumber, diantaranya Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara UNAS Pak Budi Kusuma dan Wakil Dekan FISIP UNAS Pak Suhanto. Ucapan Terimakasih kami sampaikan atas dukungan dan motivasi beliau atas kegiatan ini.

Kegiatan ini Pastinya Mendapatkan Antusias dari Peserta yang Biasa Hidup di lingkungan Kehidupan yang Berbeda di Perkotaan. dan ini Menjadi Pengalaman yang Sangat Berharga Para Peserta Karena Serangkain Kegitan yang Mereka Alami Bersama Orang Tua Angkat Mereka Tersebut Tidak Akan Mereka Dapatkan Setelah Kembali Ke Perkotaan.


No comments:

Post a Comment

Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran
Snorklling

Capoeira Brasil Indonesia

Capoeira Brasil Indonesia

Gabung Aja Di Kiri

Gabung Aja Di Kiri

Roda

Roda

Maculele Performance

Maculele Performance