CAPOEIRA, TRAVELLING, STUDY AND LOVE

My LIfe My Adventure

Sunday, February 12, 2017

Seminar The Power Of Content ( Pada Blog dan Media Sosial) Klub Buku dan Bloger Backpacker jakarta




     Pagi sabtu itu 11 Februari 2017, dimulailah perjalanan  saya ke perpustakaan umum daerah Jakarta Selatan untuk berkumpul bersama teman dan lingkungan yang baru yaitu klub buku dan bloger (KUBBU) Backpacker Jakarta. Ini kopdar pertama saya bersama club kubbu yang sedang mengadakan seminar  “ The Power Of Content “ dalam sebuah blog dan media sosial yang di bawakan oleh mbak Ani Berta sebagai narasumber. Beliau adalah seorang copywriter sekaligus bloger yang sudah cukup lama berlalu lalang di dunia maya dan nyata lewat karya-karya tulisanya.

    Sejak mengetahui info ini dari grup rt10 BPJ, saya sangat tertarik sekali karena saya belum pernah mengikuti seminar seperti ini sebelumnya. Ini kesempatan bagi saya untuk menambah informasi dan wawasan tentang Content pada blog. Sejak tahun 2009 blog yang saya bikin sampai sekarang tahun 2017, wawasan saya tentang blog masih minim artinya belum bisa memfungsikan blog semaksimal mungkin. Apalagi tentang content, blog saya hanya berisikan tugas-tugas kuliah dan tulisan teman yang kemudian saya share ke media sosial. Baru 1 bulan terkahir ini saya sudah coba bikin 1 sampai 3 tulisan saya sendiri yang bertemankan perjalanan atau travelling pribadi saya.


   Cerita punya cerita, pagi itu jam 08.00 saya mulai berangkat dengan menggunakan Bus Transjakarta dari pasar minggu menuju blok M. sesampainya di plaza blok M, saya lebih memilih berjalan kaki ke perpustakaan di daerah gandaria tengah tersebut. Lokasinya yang cukup jauh dan tempatnya sedikit tersembunyi dari jalan utama. Dengan bejalan kaki saya lebih leluasa melihat sekitar dan bisa lebih cepat mengingat lokasi tersebut karena saya belum pernah kesana. Kemudian di dalam hujan gerimis yang awet itu akhirnya saya sampai ke perpustakaan tersebut sekitar jam 10.15 pagi. Setelah masuk ke ruangkan seminar hanya ada 3 orang. Maklum saja karena kondisi hujan mungkin pada terlambat. Waktu menunjukan jam 11.00 namun peserta yang datang masih sekitar 10 orang. Kami di infokan bahwa seminar akan dimulai jam 11.00 pagi. Namun karena pada saat itu narasumber juga belum datang karena terjebak di kereta, ya apa boleh buat. Sambil menunggu peserta lain juga yang datang. Perut mulai lapar, teringat ketika perjalanan ke sini saya sempat melihat pedagang yang manjajakan makanan, Gemblo dan onde-onde jadi pilihan terbaik saya pagi menjelang siang itu untuk sekedar mengisi perut karena bila makan nasi saya khawatir mengantuk ketika seminar nanti. Akhirya sekitar jam 12.15 siang narasumber pun datang, tanpa berlama-lama seminar pun langsung di mulai. Posisi duduk paling depan saya pilih agar mudah mendengar dan bertanya nantinya. Sekaligus untuk mengantisipasi bila kantuk datang mengingat cuaca dingin dan siang hari.


Seminar pun di buka dengan berdiri menyanyikan lagu Indonesia raya yang dipimpin oleh panitia acara. Kemudian seminar di mulai oleh narasumber yaitu mbak Ani Berta. Di mulai dari Content dalam blog seperti opini, review buku, film, kuliner dan tempat-tempat menarik yang sering menjadi daya tarik pembaca dan yang di butuhkan orang-orang pada umunya. Disini pikira saya mulai terbuka tentang content blog. Padahal banyak daerah dan perjalanan yang sudah saya lakukan namun tidak pernah saya deskripsikan dalam tulisan tapi hanya sebatas foto-foto di instgram dengan sedikit caption kata-kata bijak. Padahal tulisan pada blog ini bisa jadi keuntungan bagi kita mengingat pesatnya berkembangan teknologi saat ini khusunya di dunia maya, dimana orang-orang bisa mencari kebutuhan tertentu dan berbagi pengalamanya. Ini dapat menjadi penghasilan tambahan bila ada perusahaan-perusahaan yang tertarik dengan tulisan kita. Apalagi yang punya hobi travelling, menceritakan pengalaman perjalanan-perjalanan yang ada bisa saja akan jadi daya tarik perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata untuk memakai jasa kita untuk membuat sebuah tulisan sesuai kebutuhan mereka. 


Memang sangat menyenangkan bila kita punya hobi dan hobi kita itu di bayar. Biasanya, saya juga punya Hobi bela diri Capoeira sering juga di minta untuk performing dalam sebuah grup Capoeira Brasil Jakarta di acara-acara seuatu perusahaan dan tentu saja di bayar. Namun kali ini setelah mengikuti seminar ini saya melihat satu peluang lagi yang menghasilkan. Di fasilitasi oleh blog yang sudah saya punya, saya harus mulai mengembangkan tulisan saya lagi. Lewat seminar tentang power of content ini, banyak hal yang saya ketahui dan ini menjadi pengalaman yang sangat berharga.

Para peserta yang aktif bertanya pada seminar ini juga dapat menambah wawasan dan informasi berharga bagi saya. Kebayakan para peserta seminar ini adalah para bloger yang sudah berpengalaman namun ada juga yang masih pemula seperti saya ini. Cerita dari narasumber tentang pengalaman beliau yang sering di undang untuk mengisi seminar dimana-mana dengan keuntungan yang di dapat menjadi motivasi bagi kami. Seperti mengikuti lomba-lomba penulisan dengan hadiah yang luar biasa di sediakan itu sangat menarik. Bahkan beliau bilang barang-barang yang ada saat ini itu semua dari hasil tulisannya WOW. Beliau juga bilang, bahwa untuk menjadi penulisa yang handal penting sekiranya tulisan kita di dukung oleh data-data yang valid. Seperti lewat interview, dokumentasi foto, video dan opini-opini logis yang akan menjadi pengetahuan baru bagi pembaca.

Ketika jam istirahat tepat jam 13.00 siang, para peserta mulai meninggalkan ruangan untuk sholat dan makan. Setelah sholat saya langsung kembali ke ruangan, saya pikir ini jadi kesempatan yang bagus buat bertanya-tanya langsung kepada mbak Ani tentang pengalaman blog saya. Beberapa pertanyaan mulai saya tanyakan, Alhamdulillah saran-saran dan jawaban yang beliau berikan menambah wawasan dan informasi saya tentang blog saya. 



Akhirnya kembali kami memulai seminar ini dengan peserta sekitar 40 orang. Kali ini Ada beberapa bloger juga yang sempat membagikan infonya tentang “content plan” yang masih sangat awan di telinga beberapa orang di ruangan itu termasuk saya. Cerita punya cerita berkahir sudah seminar ini ditutup dengan sesi foto-foto dan pembuatan video ucapan selamat ulang tahun kepada Backpacker Jakarta yang ke-4. Sebernya secara pribadi saya masih haus akan materi-materi tentang content dan blog ini. Namun tentu saja semua itu di batasi oleh waktu. Momen ini juga kami gunakan untuk saling berbagi akun media sosial yang kami punya, beliau bilang dalam hal ini penting bagi kita untuk bermain di semua lini media sosial yang ada seperti twitter, instagram, facebook, linkedin dan yang lain-lain guna manambah jaringan di dunia maya.


Sepulangnya dari seminar tersebut, saya mencoba meminta saran pada mbak ani terkait tulisan saya yang sedang saya ikutkan dalam Lomba Travel Story. Alhamdulillah saran-saran beliau sangat bermanfaat bagi saya. Semoga kedepanya kita bisa membuat tulisan yang lebih baik lagi. Sekian terimakasih 

No comments:

Post a Comment

Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran
Snorklling

Capoeira Brasil Indonesia

Capoeira Brasil Indonesia

Gabung Aja Di Kiri

Gabung Aja Di Kiri

Roda

Roda

Maculele Performance

Maculele Performance