CAPOEIRA, TRAVELLING, STUDY AND LOVE

My LIfe My Adventure

Monday, May 21, 2012

Organisasi dan Manajemen



A. Organisasi

Organisasi menurut Dr.S.P Siagian M.P.A adalah setiap persekutuan formal antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama-sama serta secara formil terikat dalam pencapaian tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan mana terdapat seseorang/beberapa orang yang disebut atasan dan seseorang/sekelompok  orang yang disebut bawahan.

Karakteristik organisasi, menurut Stephen P.Robbins dan Marry Coulter yaitu :

  1. Tujuan yang khas, tujuan tersebut biasanya ditunjukan dalam sasaran atau sekelompok sasaran yang diharapkan oleh organisasi untuk tercapai
  2. Orang, setiap organisasi terdiri atas orang-orang dan orang tersebut mau bekerja secara bersama-sama untuk mencapai tujuan organisasi
  3. Struktur yang cermat, struktur diperlukan agar setiap orang dalam organisasi mengetahui beban tugasnya masing-masing dan mengetahui siapa melapor kepada siapa.

Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada.Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Menurut para ahli tentang organisasi :
James D. Mooney
Organisasi adalah sebagai bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk mencapai suatu tujuan bersama  (Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose).
John D. Millet
Organisasi adalah sebagai kerangka struktur dimana pekerjaan dari beberapa orang diselenggarakan untuk mewujudkan suatu tujuan bersama (Organization is the structural framework within which the work of many individuals is carried on for the realization of common purpose).
Herbert. A. Simon
Organisasi adalah sebagai pola komunikasi yang lengkap dan hubungan-hubungan lain di dalam suatu kelompok orang-orang (Organization is the complex pattern of communication and other relations in a group of human being).
 Chester L. Barnard
Organisasi adalah sebagai sebuah sistem tentang aktivitas kerjasama dua orang atau lebih dari sesuatu yang tidak berwujud dan tidak pandang bulu, yang sebagian besar tentang persoalan silaturahmi (Organization is a system of cooperative activities of two or more person something intangible and impersonal.  Largely a matter of relationship).

 Organisasi dapat diartikan dalam dua macam, yaitu:

1. Dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan;
2.      Dalam arti dinamis, yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.
Ciri-ciri organisasi ialah:

1) terdiri daripada dua orang atau lebih,
2) ada kerjasama,
3) ada komunikasi antar satu anggota dengan yang lain,
4) ada tujuan yang ingin dicapai.

Organisasi adalah:

a.) wadah atau tempat terselenggaranya administrasi;
b.) didalamnya terjadi berbagai hubungan antar-individu maupun kelompok baik
dalam organisasi itu sendiri maupun keluar;
c.) terjadinya kerjasama dan pembagian tugas;
d.) berlangsungnya proses aktivitas berdasarkan kinerja masing-masing.

B. Manajemen

Manajemen menurut Stephen P.Robbins dan Marry Coulter adalah proses mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas kerja sehingga dapat terselesaikan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain.
Secara sederhana, manajemen adalah apa yang dilakukan oleh manajer. Manajer adalah seseorang yang bekerja dan bertanggung jawab agar tujuan organisasi berhasil.

Tingkatan keorganisasian/tingkatan manajer :

  1. Manajer Puncak
Manajer Puncak adalah manajer yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan dan menyusun sasaran serta rencana yang mempengaruhi organisasi secara keseluruhan. Misalkan, CEO, Ketua Dewan Redaksi, Kepala Bagian operasional, dsb.
  1. Manajer Menengah
Manajer Menengah adalah manajer diantara tingkatan puncak organisasi dan tingkatan lini pertama yang mengelola pekerjaan pada lini pertama. Misalkan, kepala bagian, manajer divisi, kepala proyek, dsb
  1. Manajer Lini Pertama
Manajer Lini Pertama adalah manajer pada tingkatan paling rendah dalam organisasi yang mengelola pekerjaan karyawan non-manajerial yang terlibat dalam produksi dan penciptaan produk organisasi. Misalkan, manajer area, supervisior, dsb
  1. Karyawan non-manajerial
Karyawan non-manajerial adalah karyawan yang melaksanakan pekerjaan yang ditugaskan
Fungsi manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi empat, yaitu:
  1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
  2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
  3. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).
  4. Pengevaluasian (evaluating) adalah proses pengawasan dan pengendalian performa perusahaan untuk memastikan bahwa jalannya perusahaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Seorang manajer dituntut untuk menemukan masalah yang ada dalam operasional perusahaan, kemudian memecahkannya sebelum masalah itu menjadi semakin besar.Fungsi-fungsi manajemen menurut Henry Fayol :
  1. Planning(Merncanakan)
Yaitu fungsi manajemen yang mencakup proses mendefinisikan sasaran,  menetapkan strategi untuk mencapai sasaran itu dan menyusun rencana untuk mengintegrasikan sejumlah kegitan.
  1. Organizing(Mengorganisasikan)
Yaitu fungsi manajemen yang mencakup proses menentukan tugas apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukan tugas tersebut dan siapa yang harus melakukannya (jenjang hirarki).

  1. Actuating(Mengendalikan)

Yaitu manajemen yang mencakup memantau kegiatan guna meyakinkan bahwa kegiatan tersebut diselesaikan seperti direncanakan.

  1. Controling(Pengawasan)

Yaitu fungsi manajemen yang mencakup pengawasan terhadap kinerja          anggota organisasi, yang menjadi leding dalam fungsi controling yakni pemimpin/Leadership karena seorang pemimpinlah yang men


No comments:

Post a Comment

Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran
Snorklling

Capoeira Brasil Indonesia

Capoeira Brasil Indonesia

Gabung Aja Di Kiri

Gabung Aja Di Kiri

Roda

Roda

Maculele Performance

Maculele Performance