CAPOEIRA, TRAVELLING, STUDY AND LOVE

My LIfe My Adventure

Thursday, May 3, 2012

Kohesivitas Sosial Yang Koyak " Kekosongan Kepemimpinan Masyarakat Indonesia Hari Ini





Oleh
Tengku Mahesa Khalid



          Mengkritisi pemaparan “kohesivitas sosial yang koyak” ini menjadi fenomena yang sedang dialami masyarakat indonesia hari ini. Banyaknya peristiwa-peristiwa kekerasan yang terjadi antar sesama makhluk sosial. Mengapa kohesivitas sosial kita dewasa ini sangat  rapuh ?  beberapa bulan belakangan ini kita masyarakat indonesia disuguhi oleh peristiwa-peristiwa kekerasan sesama individu yang berujung dengan kematian.

          Salah satu hal yang menjadi perhatian rakyat yaitu soal kepemimpinan, secara pribadi saya melihat indonesia saat hari jelas mengalami “Kekosongan Kepemimpinan” yang ada dan berjalan sekarang hanya birokrasi. Jelas dengan semua peristiwa-peristiwa yang terjadi dari beberapa bulan belakangan ini sangat terlihat tidak berjalannya fungsi kepemimpinan sebagaimana mestinya. Kekosongan kepemimipinan ini bisa menjadi pemicu kekecewaan rakyat. Kondisi tersebut mengiring rakyat pada situasi frustasi dan teralienasi yang berujung mudah tersulut pertikaian dan konflik. Kondisi inilah yang menjadikan kohesivitas sosial kita  menjadi sangat rapuh.

          Bagaimana supaya kohesivitas sosial kita bisa dirajut kembali dan keberagaman kita dapat bangkit tumbuh subur kembali ? untuk merajut kembali kohesivitas sosial tersebut kita butuh kepemimpinan. Negeri ini sudah kehilangan kepemimpinan, yang ada hanya birokrasi yang terus berjalan dengan kepentingan-kepentingan kaum elite. Negeri ini sudah tidak bisa menjaga nilai -nilai ideologi pancasila. Hasil survei Setara Institute menyebutkan bahwa: rasa frustasi sosial dan alienasi akibat ketidakpuasa rakyat terhadap pemerataan pembangunan dan ekonomi berpotensi menjadi penyebab lahirnya sikap intoleransi. Yang saat ini kita butuhkan yaitu kepemimpinan yang bijaksana dalam dalam mengambil kebijakan dengan memegang teguh nilai -nilai pancasila sebagai ideologi bangsa dan keberagaman kita dapat bangkit tumbuh subur kembali.


No comments:

Post a Comment

Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran
Snorklling

Capoeira Brasil Indonesia

Capoeira Brasil Indonesia

Gabung Aja Di Kiri

Gabung Aja Di Kiri

Roda

Roda

Maculele Performance

Maculele Performance